Sabtu, 16 Oktober 2010

MTA Menghadirkan Polemik Bagi "Mereka"

Biografi Ustad Ahmad Sukina..?

Bagi yang belum tahu siapa dan bagaimana latar belakang Ustad Drs Ahmad Sukina, pengasuh Pengajian Ahad Pagi dan Ketua Umum MTA Pusat Solo Jawa Tengah. Ini dia....

Dalam suatu penjelasan pada suatu pertanyaan tentang banyak hal, beliau selalu menjawab dengan enteng, seakan segala hal dan pemasalahan mudah di pecahkan, sebenarnya memang semua permasalahan itu sebenarnya memang mudah atau bagi mereka yang tidak bisa menyelesaikannya sengaja mempersulit segala permasalahan...baik permasalahannya sendiri atau mempersulit orang lain sehinga menjadikan permasalahan justru menjadi sulit....???

Tahukah anda jika sebenarnya Ustad Drs, Ahmad Sukina memiliki seabreg penghargaan dan sebenarnya memiliki seabrek titel...? Pernahkah anda mencermati dan memahami sikap Belia yang selalu menyimpan apa yang ada pada dirinya...? termasuk potensinya, kecuali sebatas yang sudah banyak orang mengenalnya. Seperti halnya Beliau Ustad Ahmad Sukino tidak ingin banyak sebutan-sebutan kehormatan dan formalitas, seperti Haji, DR. Profesor, atau lulusan mana dan dari mana dia menggali ilmu agama.., dimanapun menimba ilmu dan kepada siapapun lmu agama di peroleh, yang terpenting besumber Al Qur'an dan Al Hadits (demikian pedomannya).

MTA kurun waktu berkembang pesat, syiar di kumandangkan baik melalui media Cetak, Elektronik, Teknologi informasi (WEB-web), dan kajian-kajian regional tetap dilaksanaan. Tidak sedikit orang, setelah mendengar cara dakwah MTA (khususnya yang disampaikan Ustad Ahmad Sukina) menjadi terketuk, terharu selanjutnya ingin membuktikan dan memahami dan sadar untuk mengamalkan Al Quran dan Sunah Nabi Muhammad saw, seperti yang disampaikan melalui metode yang di paparkan. Namun ada juga oang yang tetap mencari kesalahan-kesalahan pemahaman dari yang disampaikan itu, dengan sikap dan statemen ketersinggungan, bahkan berlanjut pada penuduhan dan fitnah yang tidak disadarinya. (karena tidak mengungkapkan pada apa yang dituduhkan bersama bukti dan pembenaran serta menunjukkan kesalahannya dimana).

Selanjutnya dengan apa yang di upayakan MTA selalu mengalami benturan-benturan..., terutama yang bersinggungan pada kegiatan-kegiatan (amalan) / ritual-ritual yang tidak bisa di lecak asal-usulnya, sekedar di otak-atik gatuk.

Bila sekedar ingin tahu kedalaman ilmu agama dan dari mana Ustad Ahmad Sukina memperolehnya...maka sebenarnya seabreg titel disandangnya...

166 komentar:

  1. Yang bener....???bukankah statemen-2 nya banyak menyinggung umat islam golongan lain...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mh.memang islam kalau difahami dengan benar dengan berpegang pada ALQURAN DAN HADIS yg soheh ya pasti menyinggung ke gol lain,tapi orang mau masuk islam boleh tidak mau masuk islam ya boleh,bebas besuk kalau dah coid / mati ? kita pertanggung jawabkan masing masing amalan kita didunia ini sama sang pencipta ALLAH tuhan seluruh manusia .

      Hapus
    2. Alqur'an nd hadits aja g cukup untuk memahami islam.... qt bth para ulama' untuk memahami al-qur'an nd hadits...........

      Hapus
    3. debat kusir yang tiada bermanfaat, beliau tau ulumul qur'an gak? tau hadis beneran gak? mulai nahwu shorofnya.... sampai balaghahnya... jangan2 hanya membaca terjemah atau pemaknaan secara lafdzi saja...

      Hapus
    4. Jika yg diamalkan tdk sesuai dg Al-Qur'an dan Sunnah ya pasti merasa disinggung.....!!!!

      Hapus
  2. Paling Dia lulusan PGA aja.., trus Drs nya di UT..hanya baca-baca Al Qur'an terjemahan dan pakai akalnya sendiri...als modal berani aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang menilai komentar anda merupakan pantulan kesombongan dan kebencian belaka...

      Hapus
    2. kenapa anda sudah kebingungan dengan lulusan PGA aja, apa anda tidak yakin yang kamu yakini selama ini ? takut ya temen2mu mretheli mas

      Hapus
    3. hehe.... komentare cah ndeso!! orang kalo iri, dengki ya kayak gitu komennya. kenapa brow,,takut kehilangan pengikut to???

      Hapus
    4. A.sukino itu ga pernah sekolah, makanya ketika ditanya dia lulusan mana jawabannya ya sperti itu, ga penting lulusan mana, jawaban sperti itu mempertegas klo a.sukino itu orang ga jelas, sperti ajaran yg disampaikannya

      Hapus
    5. A.sukino itu ga pernah sekolah, makanya ketika ditanya dia lulusan mana jawabannya ya sperti itu, ga penting lulusan mana, jawaban sperti itu mempertegas klo a.sukino itu orang ga jelas, sperti ajaran yg disampaikannya

      Hapus
    6. Semoga Sukino kembali ke jalan yg benar....

      Hapus
  3. Dia ini yang saya cari-cari, dua saudaraku telah direbut olehnya..telah mendatangkan bencana di keluargaku..sesungguhnya dia ini penyebar kebencian. mudah mengatakan bid'ah, tahayul, khurafat dsb...Wahai saudara sebangsa se-tanah air..!! Hati-hati lah terhadap gerakan yang satu ini..ini gerakan WAHABI gaya baru. tetaplah pada ke-Islaman yang rahmatan lil-alamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak paham tentang WAHABI itu apa, dan dia itu siapa lebih baik diam. DIAM ITU EMAS. Sebaliknya Bohong dan FITNAH adalah perbuatan keji apalagi yang difitnah sesama orang Islam...

      Hapus
    2. Senjatanya kyai kepada santrinyanya yang belajar ke Al Qur`an Sunah atau menuding semua orang islam yang kembali ke Al Qur`an dan Sunah dituding dengan kata WAHABI, persis seperti orang tua-tua dulu kala anaknya menangis dengan menakut-nakuti anaknya dengan ucapan TAK GONDOLKE WEWE SISAN, ONO GENDRUWO LHO, ANAK SEKARANG HARUS CERDAS WAHABI ITU APA, GENDRUWO ITU APA, WEWE ITU APA ? Jangan mudah percaya dengan tudingan itu wahabi tapi dekatilah kajilah !!!!!!!

      Hapus
  4. semestinya kita yang harus berfikir, telah sesuai dengan islamkah kita yang beragama islam? atau maish mengadopsi tatacara2 agama dewa dan animisme masa lalu pada amalan kita...? mungkin kita banyak yang mengatakan diri kita iman dan banyak mengamalkan hal-hal yang hanya menurut angan-angan dan kreasi dari orang yang kita tokohkan tanpa merujuk sahih sunat Rosullulah Muhammad SAW.... knp memangnya Wahabi...? mereka yang safi'i..benarkah Imam Safi'i mencontohkAN SPT yang mereka kerjakan selama ini... benarkah Imam Safi'i beramal dan beribadah tanpa mengikut dan mencontoh Rosulluloh..? kalau tidak ada yang bisa dikatakan Syirik, Musrik, Khurofat, Bid'ah.....dan jarang golongan tertentu...(Golongan Islam kultural) mengatakan dan menunjukkan syirik.. apakah tidak ada syirik itu? yang mana syirik itu? pasti banyak yg menjawab tergantung pada niatnya...(perlu diperhatikan tata cra dan kepada siapa kita mendekatkan untuk suatu permohonan)

    BalasHapus
  5. Kalau hatinya jujur dan akalnya sehat....kita berislam masih banyak mengekor dari orang-orang pendahulu kita yang masih kental kehinduannya dan kekurafatanya, syart kemusrikan dan jelas bid'ah...(kebenaran hanya menurut angan-angan sendiri) Islam adalah ajaran dan amalah......(pasti mengikut yang mengajarkan dan yang mentauladani)

    BalasHapus
  6. sampeyan nulis apa sih, katanya bigrafi koq nggak ada isinya ...

    BalasHapus
  7. guru itu harus ada jelas ilmunya dan jalur keilmuan sampai Rasulullah, nggak boleh tahu sedikit langsung ceramah ... (tanggung jawabnya berat)
    tidak boleh mengatakan jelek kpd yg lain (bahkan mencaci maki) terhadap perbedaan Hormati org lain yg berbeda, kalau mau dahwah berikan dg cara yg baik ...
    JANGAN terjebak membuat BENDERA (merk/ organisasi) yg nantinya cenderung menganggap paling benar dan menyalahkan yg lain ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Anonim....aku mau nanya Kyai Kondang Marzuki dari malang itu jalur ilmunya dari mana ? kok ceramahnya menghujat memfitnah,berbohong, dia membanggakan dirinya golongannya (Asli Wong Jowo) agama islam yang berciri jawanya ( banyak sesajinya )

      Hapus
  8. mana profilnya???????????? harus jelas ngaji dan pendidikannya ??????????runtut ilmu jelas siapa guru2nya kalo ga jelas sama aja dengan belajar otodidak..........

    BalasHapus
  9. Mana profilenya yg lengkap???
    Ngajinya di mana? Siapa gurunya?

    BalasHapus
  10. Ga usah sok seabreg titel tak ada gunanya tidak di tanya di akhirat yang ditanya amal perbuatannya yang menyesatkan umat.. paham...!

    BalasHapus
  11. JAngan ikuti ajaran ini kawan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang sudah semakin pandai tidak usah diajak ,orang akan mencari keyakinan masing masing,dan mencari dari sumber yang benar.orang islam sumbernya dari alquran dan hadis yang soheh.

      Hapus
    2. terus dari siapa ustadz ahmad sukino belajar tafsir al Qur'an dan tafsir Hadist????
      apakah beliau sekedar membaca dari buku blog kemudian beliau tafsirkan sendiri?
      apakah penafsiran beliau selalu benar sehingga menganggap penafsiran yang lain salah,,,,,

      Hapus
  12. Ajaran ini belum tentu benar... berhatilah-hatilah dalam menentukan arah hidup kalian....

    BalasHapus
  13. hehehe tulisan semprul, tiwas sumringah....tak kira mau menceritakan biografi detail ke publik siapa itu al ustadz ahmad sukino, kisah masa kecilnya, kisah menjadi pendekar silat yang kebal senjata dan jago tenaga dalam, kisah membaiat diri sebagai pimpinan MTA ketika para senior dan para pimpinan sedang musyawarah menentukan siapa yang akan menggantikan gurunya, kisah bagaimana kisah jalan jalan ke TW sebelum menikah dengan istri kedua yang selalu dipecat sama guru ngajinya di MTA, kisah bagaimana nikah satu persatu dengan muridnya hingga yang terakhir menikahi anak lulusan SMA di klaten, kisah pencurian uang 35 juta di tahun 1995, kisah mengalihklan aset yayasan ke aset pribadi dan kroni kroninya, kisah bagaimana setor strategis dalam hal ekonomi dipegang oleh keluarganya anaknya dll...kisah tentang tulisan yang di MTA itu adalah bukan karyanya, kisah bagaimana dia secara diam diam ngaji pada orang lain untuk bahan mengisi pengajiannya dan kemudian dia meninggalkannya sehingga isi pengajiannya sekarang makin kosong dan hanya mengulang ulang seakan ilmu itu sudah habis disuntakke, kisah dia yang hanya belajar dari mendengar pengajian dari gurunya dan tidak paham satupun kitab kuning, kisah dia mau dipukuli sama temen temennya sendiri...kisah kompromi dengan beberapa politisi dengan konsekuensi suara dukungan yang diam diam dia instrusikan, kisah dia memunguti infak yang menumpuk, kisah dia sukses membangun mta hingga besar seperti saat ini, kisah kapan dia menakui bahwa MTA hebat seperti ini bukan karena dia tapi karena fondasi sudah diberikan oleh gurunya, kisah berbeloknya haluan pengajian MTA yang dulu dan sekarang, kisah bagaiamana ahmad sukino ke pakistan untuk belajar ilmu dan tidak kerasan karena ingin pulang terus dll dll dll....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ku tau yang nulis diatas hahaha putune mbah muslim

      Hapus
    2. wah ini yang meyebabkan islam kacau .padahal islam kitabnya cuma alquran ? kok ada kitab kuning ya ?mari sesama orang muslim kita pakai akal sehat,sesama muslim kan saudara,dan mulai sekarang pelajarilah alquran dan hadis hadis yang soheh,karena nabi kita mengajarkan barang siapa berpegang teguh pada dua perkara orang tersebut tidak akan tersesat hidupnya,yaitu alquran dan hadis yang soheh.untuk itu kita yang mengaku orang islam ini mari kita pelajari ayat demi ayat yang terkandung dalam alquran dan hadis yang soheh,serta kita amalkan isi yang terkandung dalam alquran danhadis yang soheh tersebut, mulai diri kita masing masing serta keluaga kita masing masing,dan sanak saudara kita msing masing biar hidip kita tentram,dapat kebahagiaan dunia dan aherat

      Hapus
    3. tuduan anda itu dusta sayang anda kurang gentelmen,kalau gentelen anda berani mencantumkan identitas yang benar ,terus tabayun sama yang bersangkutan baru menulis,oke.081226222345.

      Hapus
    4. KYAI EDAN LAGI NGOCEH KAYAK BEO HABIS DIENDRIN.....SAMPEYAN NGOMONG APA NGENTUT ? NULIS APA MACUL...? SILAHKAN NGOMONG SAK SENENGMU...DOSA FITNAH KAU TANGGUNG...ALLAH MAHA TAHU...

      Hapus
    5. wong gendheng lagi ngoceh....
      dasar wong iri ki onone mung fitnah karo fitnah.
      ngopo bos?? wedi nek bolo2mu mlebu MTA to.....
      wong saiki wis pinter2 bos, kw rasah kokean ngoceh! ora bakal do percoyo ocehanmu. ketok GOBLOGMU malahan!
      (mantan preman sing wis ngaji)

      Hapus
    6. semoga Allah membalas sesuai dengan apa yang anda ucapkan....
      ingat balasan Allah lebih besar daripada balasan dari manusia....

      Hapus
    7. Apa anda tidak takut dosa. cuma orang yang tidak percaya pada hari akhir yang senang menyebar fitnah dengan begitu hebatnya. Jangan mendahului Allah. Dia yang mengetahui apa yang tersimpan di hati manusia. Kalau Anda yang mengetahuinya dan berhak menghukum manusia tentu anda yang disembah. Semua yang ada tulis akan di mintai pertanggung jawaban di Hari Akhir. Semoga Anda segera mendapat hidayah.

      Hapus
  14. Ha, titel...titel darimana...dari hongkong, lulus S1 saja skripsine lucu bin ajaib....

    BalasHapus
  15. mbah sukino tuh gimana,wong pengajian tafsir AL QUR'AN dan HADIST kok isine provokatif

    BalasHapus
  16. Waduh kalau beditu aku nggak nyambung deh

    BalasHapus
  17. haha panas hati... Haha sirik hati.... Teruskan amarah kalian..dendam kalian... Umpatan kalian... Ayo buat hidup kalian menjadi tidak tenang... Ha ha ha

    BalasHapus
  18. wew,,,,,,, kalo sukino salah, kenapa gak engkau luruskan kawaaaaan

    BalasHapus
  19. lha wong gak suka kok masih aja komentar... kl gak suko yo uwis tinggalkan... kasihan ustad sukino aja gak mikir kalian, ee ternyata kalian yang mikir beliau... kasihan kasihan... trus jelek2inya g pake nama jelas lagi.. banci amat yah... malu aku...

    BalasHapus
  20. katanya dakwah mengikuti/'ittiba rosul? celana aja masih isbal,jenggot yang disuruh pelihara malah dikerok,piye toh?
    itu cerita diatas benr ga tuh?

    BalasHapus
  21. Yang jelas siapapun yang asal menyampaikan seruan apalagi mengklaim paling sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits, dengan sambil menyalahkan yang lain dan tidak mau berdialog. itu patut di pertanyakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda harus belajar alquran serta hadis yang soheh dulu,kalau ada beda pendapat harus kembali ke alquran lagi mas ,memang kalau ALQURAN disampaikan pasti mengenai orang orang yang ajarannya menyimpang dari alquran dan hadis yang soheh.

      Hapus
  22. mari kita sebagai umat islam ini mau mempelajari ayat demi ayat yang terkandung dalam alquran DAN hadis hadis yang soheh,serta mau mengamalkan isi yang terkandung dalam alquran serta hadia yang soheh insa ALLAH TENTRAM HIDUP KITA.

    BalasHapus
  23. Namanya saja ASU KINO..... sering jenggong-jenggong. Biarkan saja. ANJING MENGGONGGONG KAFILAH BERLALU

    BalasHapus
    Balasan
    1. BIARKAN KYAI MENGGONGGONG KAFILAH TETAP BERLALU...

      Hapus
    2. kenapa anda berkata seperti itu....
      apakah MTA pernah mencela organisasi anda...?
      Apakah Ustadz Sukino pernah menghujat anda dan organisasi anda....
      perkataanmu mencerminkan sifat dan hatimu....
      segeralah bertaubat saudaraku, sebelum Allah menurunkan balasanNya kepada anda sesuai dengan apa yang anda ucapkan...

      Hapus
  24. Namanya saja ASU KINO..... sering jenggong-jenggong. Biarkan saja. ANJING MENGGONGGONG KAFILAH BERLALU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persis perkataan kyainya namanya murid, Tolong Renung Mas.. Mengaku AsWaJa itu apa ? apa Asli Wang Jawa jadi islam penuh sesaji ritual adat jawa, Klo Ahli Sunah Wal Jamaah< Sunahnya sapa ? Nenek moyang ? Hindu Budha ? animisme dinamisme ? Katanya Syahadat mu Muhammad Rasulullah kok sunahnya nenek moyang hindu budha mas?

      Hapus
  25. Mas Anonim..... memang benar bahwa Al Qur'an n Hadits adalah Kitab utama Islam. tapi bagi orang yang awam seperti kita, membaca keduanya tanpa didasari Ilmu yang lengkap seperti Nahwu, Shorof dst. maka akan sangat lain pemahamannya. Maka para Ulama pendahulu kita. menerbitkan buku2 Islam (yg sekarang disebut kitab kuning) yang tentunya pasti tetap berlandaskan pada Al Qur'an n Hadits. Jadi tidak ada keraguan bagi kita utk mengikutinya. asalkan jelas sanadnya hingga Nabi Muhammad SAW.
    dan bukan belajar ilmu tentang Al Qur'an n Hadits hanya melalui terjemah saja. tanpa mengetahui tata bahasa Arab. karena bisa jadi terjemah yang anda baca adalah terbitan dari Yahudi yang ingin memecah belah umat Islam. Seperti Tahlilan, Burdahan, Majlis Dzikir, sampai kapan pun g bisa ditemui dalilnya langsung dalam Al Qur'an n Hadits. tdk ada kata tahlilan, burdahan di Al Qur'an n Hadits. tapi itu hanya sebuah tata cara dan pengabungan dari berbagai ibadah yang dijadikan satu dan di kerjakan secara istiqomah yang kalian sebut sebagai ritual.
    Sehingga orang yang awam dan buta dengan ilmu, bisa tetap mengikutinya. meskipun dia tidak mengetahui dalilnya.
    jangan sampai orang jawa menyebutnya kami dalilen. opo2 tanya dalil. wong mau makan aja kok masih tanya, mana dalilnya???? wah kelamaan....
    Sudahlah kawan..... Kami tahu apa yang kami lakukan. selama kami tidak melakukan syirik dan tidak melanggar Al Qur'an n Hadits. Pasti Allah tahu ikhtiar dari hambanya yang taqwa. dan bukan orang yang selalu menghabiskan waktunya utk mencaci maki golongan lain.
    Ingatlah.... orang yang merasa paling benar.... maka justru dialah di hadapan Allah yang paling dibenci.. karena hatinya dipenuhi dengan Takabbur dan kesombongan....
    Wallahu a'lam bisshowab............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf,akhi.bila akhi mendengarkan pengajiannya tentu akhi akan mengetahui,beliau menyebutkan ormas atau golongan tertentu..?!.Bilau tidak lain hanya menyampaikan jawaban atas apa yang ditanyakan berdasarkan apa yang belaiu ketahui,bila akhi merasa apa yang disampaikan salah silahkan dibetulkan.tidak usah tersinggung,bila akhi yakin amalan yang akhi lakukan benar,ya dilanjutkan saja karena pahala hanya disisi Alloh swt.jadi kita tidak usah membedabedakan ormas kita,kita ini saudara. wallohu a'lam

      Hapus
    2. tapi jangan buat orang lain sesat bro.....

      Hapus
  26. MTA SESAT MENYESAT KAN,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobalah anda bertabayyun...
      dimanakah sesatnya...
      jangan jangan anda hanya mendengar katanya dan katanya...
      berhati-hatilah saudaraku....

      Hapus
  27. dulu pernah dengar pak sukino bilang klau anjing yang haram cuma liurnya kalau menjilat bejana
    kok skarng anjing jadi haram

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasalah,gausah pertimbangkan ,hati udah bisa bedain yang mana yang benar dan salah kok, orang pinter itu ga seperti itu

      Hapus
  28. ga pd dwasa klo pd comen ,ga sharusnya kata2 binatang trucap klo kalian mengaku sesama orang muslim,astahfirulloh al azim

    BalasHapus
  29. mohon di tulis biografy yang sebenarnya, saya sedang butuh untuk penguatan dakwah..... sukron akh.

    BalasHapus
  30. kalau mau tahu profilnya datang langsung.saya dengar ceramah diradio mta fm jawaban pertanyaannya kagak pernah profokatif jawaban2nya sederhana.lokasi t4 pengajiannya dari depan mangkunegaran solo.

    BalasHapus
  31. Yang coment smuanya merasa benar,dan merasa paling benar diantara gol Umat Islam, Bagaimana Islam mw berkembang.Kalo semua pada berebut kebenaran,yang pada dasarnya sama2 belajar tarafnya.Sudahlah Tidak usah diperuncing lagi masalah ini, yang terpenting adalah Keyakinan Anda itu yang paling benar,ya sudah jangan mengolok2 gol/ormas lainya.semisal Anda semua tetep ingin di garis keras,,Selamanya dan dipastikan hasilnya Sara dan perang sesama Muslim.

    BalasHapus
  32. Hati-hati!!!!! ada orang bodoh ngaku pinter. Menafsirkan dan mema'nai Qur'an tanpa alat yg komplit ibarat menceburkan diri ke laut untuk mencari mutiara tp gak bisa berenang, tnpa alat pelampung, tanpa kapal.Yg pasti dia akan tenggelam ahebbb2....Yg terjadi adalah nafsu yg menjadi pengendalinya. untuk didrinya sendiri sj sdh SESAT. Apalagi disebarluaskan ke orang lain...TAMBAH MENYESATKAN. Na'udzu Billah.

    BalasHapus
  33. ASU KINO. .
    tetep aj asu, sama sama asu yaa pantes saling menghalalkan. .
    sukino yaaa halal toww di belehhhh. .
    yasinan, tahlilan lanjuttttt. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiipp siippp..opo opo kok di omong bid'ah...hadehhh????

      Hapus
    2. SESAMA ORANG ISLAM KOQ SALING MENGHINA...! HANYA ALLAH SAJA YANG TAHU KEBENARAN ITU....TIDAK USAH NGAKU PALING BENAR SENDIRI...TAHLILAN, YASINAN, SELAMATAN, KENDURIAN...APA DULU NABI MENGERJAKANNYA..??? PIKIR DENGAN OTAK ENCER DAN HATI BENING....TAHLILAN, YASINAN, SELAMATAN, KENDURIAN, ADALAH LAHAN PENGHIDUPAN PARA KYAI....

      Hapus
    3. Semoga Alloh memberikan balasan sesuai dengan apa yang anda perbuat.

      Hapus
  34. halo haloooo,musuh kita zionis dan kristen bukan sama sama ormasss,sg gelem tahlilan teko tahlilan sg ora gelem,teko turu karo bojone wae anget. gus dur berkata :gitu aja kok repoty

    BalasHapus
  35. saudara saudaraku klau merasa orng yang beriman tolong komentarnya dengan kata-kata yang santun. kita ini sesama orang islam, harus saling memenjaga perasaan. berbeda boleh tetapi ukuah harus tetap di jaga, biar Allah swt yang memberi pahala atas yapa yang kita lakukan.

    BalasHapus
  36. yang nulis ini kan jg anggota MTA.....
    ktanya g mau pakek bid'ah...... eh pakek juga dengan jelas dan terang benderang.......
    sanad guru dalam mencari ilmu itu penting......

    BalasHapus
  37. q tadi baca ini:
    "kalo gak paham tentang WAHABI itu apa, dan dia itu siapa lebih baik diam. DIAM ITU EMAS" emang yang nulis ini paham dengan WAHABI??? siapa dia, sejarah berdirinya, ajaran2nya, dll.....
    kalo paham tolng ditulis........

    di blz y.....!!!!!

    BalasHapus
  38. Syarat penafsir qur'an
    1.mempunyai ilmu nahwu dan shorof
    2.mengedepankan hati dari pada nafsu
    3.mengetahaui ilmu ulumul qur''an
    4.diutamakan hafal al'quran.liat saja penafsir dr dulu rata-rata alhafidz
    5.mengetahui ushul fiqh sebagai penafsir ayat hukmiyyah
    6.mengetahui ilmu mantiq sebagai dasar logika
    7.mengetahui ulumul hadis sebagai dasar penafsiran
    Apa ustadz sukino punya syarat demikian harus kita ikuti....tapi kalo ilmunya masih jauh dari syaraT diatas maka perlu kita pertimbangkan lagi
    ????itu yang kutau dari bangku IAIN sama pesantren
    Biografi penting dipublikasikan untuk mengetahui arah ilmu.
    Tingkatkan ukhuwah islamiyah...aq orang nu nyaranin sebaiknya mta lebih inovatif..kembangkan gaya ibadah yang lebih moderat,elegan yang bisa menyaingi model nu kyk tahlilan dsb.jgn mlhn mencaci yg sdh brkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak ibadah kok dikembang-kembangkan....emang apaan dikembang biakkan....
      mas, kita beribadah itu sudah ada tuntunannya, tinggal mengikuti aja apa yang dicontohkan oleh Rosulullah... tidak usah neko-neko... kalo memang tidak ada tuntunannya, kenapa harus dilakukan ?
      maaf mas, kami tidak mencaci dan memaki..tapi kalau anda merasa dicaci ya silahkan...

      Hapus
    2. Om bs di jelaskan ?
      riwayat pendidikan agama Pak sukino, mondoknya di mana dan ngajinya sama kiayi mana? dan berapa lama?

      Hapus
  39. Syarat penafsir qur'an
    1.mempunyai ilmu nahwu dan shorof
    2.mengedepankan hati dari pada nafsu
    3.mengetahaui ilmu ulumul qur''an
    4.diutamakan hafal al'quran.liat saja penafsir dr dulu rata-rata alhafidz
    5.mengetahui ushul fiqh sebagai penafsir ayat hukmiyyah
    6.mengetahui ilmu mantiq sebagai dasar logika
    7.mengetahui ulumul hadis sebagai dasar penafsiran
    Apa ustadz sukino punya syarat demikian harus kita ikuti....tapi kalo ilmunya masih jauh dari syaraT diatas maka perlu kita pertimbangkan lagi
    ????itu yang kutau dari bangku IAIN sama pesantren
    Biografi penting dipublikasikan untuk mengetahui arah ilmu.
    Tingkatkan ukhuwah islamiyah...aq orang nu nyaranin sebaiknya mta lebih inovatif..kembangkan gaya ibadah yang lebih moderat,elegan yang bisa menyaingi model nu kyk tahlilan dsb.jgn mlhn mencaci yg sdh brkembang.

    BalasHapus
  40. Syarat penafsir qur'an
    1.mempunyai ilmu nahwu dan shorof
    2.mengedepankan hati dari pada nafsu
    3.mengetahaui ilmu ulumul qur''an
    4.diutamakan hafal al'quran.liat saja penafsir dr dulu rata-rata alhafidz
    5.mengetahui ushul fiqh sebagai penafsir ayat hukmiyyah
    6.mengetahui ilmu mantiq sebagai dasar logika
    7.mengetahui ulumul hadis sebagai dasar penafsiran
    Apa ustadz sukino punya syarat demikian harus kita ikuti....tapi kalo ilmunya masih jauh dari syaraT diatas maka perlu kita pertimbangkan lagi
    ????itu yang kutau dari bangku IAIN sama pesantren
    Biografi penting dipublikasikan untuk mengetahui arah ilmu.
    Tingkatkan ukhuwah islamiyah...aq orang nu nyaranin sebaiknya mta lebih inovatif..kembangkan gaya ibadah yang lebih moderat,elegan yang bisa menyaingi model nu kyk tahlilan dsb.jgn mlhn mencaci yg sdh brkembang.

    BalasHapus
  41. Syarat penafsir qur'an
    1.mempunyai ilmu nahwu dan shorof
    2.mengedepankan hati dari pada nafsu
    3.mengetahaui ilmu ulumul qur''an
    4.diutamakan hafal al'quran.liat saja penafsir dr dulu rata-rata alhafidz
    5.mengetahui ushul fiqh sebagai penafsir ayat hukmiyyah
    6.mengetahui ilmu mantiq sebagai dasar logika
    7.mengetahui ulumul hadis sebagai dasar penafsiran
    Apa ustadz sukino punya syarat demikian harus kita ikuti....tapi kalo ilmunya masih jauh dari syaraT diatas maka perlu kita pertimbangkan lagi
    ????itu yang kutau dari bangku IAIN sama pesantren
    Biografi penting dipublikasikan untuk mengetahui arah ilmu.
    Tingkatkan ukhuwah islamiyah...aq orang nu nyaranin sebaiknya mta lebih inovatif..kembangkan gaya ibadah yang lebih moderat,elegan yang bisa menyaingi model nu kyk tahlilan dsb.jgn mlhn mencaci yg sdh brkembang.

    BalasHapus
  42. Syarat penafsir qur'an
    1.mempunyai ilmu nahwu dan shorof
    2.mengedepankan hati dari pada nafsu
    3.mengetahaui ilmu ulumul qur''an
    4.diutamakan hafal al'quran.liat saja penafsir dr dulu rata-rata alhafidz
    5.mengetahui ushul fiqh sebagai penafsir ayat hukmiyyah
    6.mengetahui ilmu mantiq sebagai dasar logika
    7.mengetahui ulumul hadis sebagai dasar penafsiran
    Apa ustadz sukino punya syarat demikian harus kita ikuti....tapi kalo ilmunya masih jauh dari syaraT diatas maka perlu kita pertimbangkan lagi
    ????itu yang kutau dari bangku IAIN sama pesantren
    Biografi penting dipublikasikan untuk mengetahui arah ilmu.
    Tingkatkan ukhuwah islamiyah...aq orang nu nyaranin sebaiknya mta lebih inovatif..kembangkan gaya ibadah yang lebih moderat,elegan yang bisa menyaingi model nu kyk tahlilan dsb.jgn mlhn mencaci yg sdh brkembang.

    BalasHapus
  43. Syarat penafsir qur'an
    1.mempunyai ilmu nahwu dan shorof
    2.mengedepankan hati dari pada nafsu
    3.mengetahaui ilmu ulumul qur''an
    4.diutamakan hafal al'quran.liat saja penafsir dr dulu rata-rata alhafidz
    5.mengetahui ushul fiqh sebagai penafsir ayat hukmiyyah
    6.mengetahui ilmu mantiq sebagai dasar logika
    7.mengetahui ulumul hadis sebagai dasar penafsiran
    Apa ustadz sukino punya syarat demikian harus kita ikuti....tapi kalo ilmunya masih jauh dari syaraT diatas maka perlu kita pertimbangkan lagi
    ????itu yang kutau dari bangku IAIN sama pesantren
    Biografi penting dipublikasikan untuk mengetahui arah ilmu.
    Tingkatkan ukhuwah islamiyah...aq orang nu nyaranin sebaiknya mta lebih inovatif..kembangkan gaya ibadah yang lebih moderat,elegan yang bisa menyaingi model nu kyk tahlilan dsb.jgn mlhn mencaci yg sdh brkembang.

    BalasHapus
  44. Syarat penafsir qur'an
    1.mempunyai ilmu nahwu dan shorof
    2.mengedepankan hati dari pada nafsu
    3.mengetahaui ilmu ulumul qur''an
    4.diutamakan hafal al'quran.liat saja penafsir dr dulu rata-rata alhafidz
    5.mengetahui ushul fiqh sebagai penafsir ayat hukmiyyah
    6.mengetahui ilmu mantiq sebagai dasar logika
    7.mengetahui ulumul hadis sebagai dasar penafsiran
    Apa ustadz sukino punya syarat demikian harus kita ikuti....tapi kalo ilmunya masih jauh dari syaraT diatas maka perlu kita pertimbangkan lagi
    ????itu yang kutau dari bangku IAIN sama pesantren
    Biografi penting dipublikasikan untuk mengetahui arah ilmu.
    Tingkatkan ukhuwah islamiyah...aq orang nu nyaranin sebaiknya mta lebih inovatif..kembangkan gaya ibadah yang lebih moderat,elegan yang bisa menyaingi model nu kyk tahlilan dsb.jgn mlhn mencaci yg sdh brkembang.

    BalasHapus
  45. saya hampir setiap hari mendengarkan pengajian MTA, ternyata A.sukina seenaknya sendiri dalam menafsirkan Al-Qur'an , cara bicara lucu, cara membaca Al-Qur'an juga lucu,, wong goblok tapi sok pinter,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Allah memberi ampunan kepada anda... atau kalau tidak, semoga Allah memberikan balasan kepada anda sesuai dengan apa yang anda ucapkan....

      Hapus
    2. katanya asukino mau mengajak kita kembali ke al quran dan hadist,kok mengharamkan anjing aja msh ragu,takut sama anjing yooo broo

      Hapus
    3. semoga Allah membukakan hidayah,,

      Hapus
  46. Akeh Wong Pinter..Ning Sronone Ora Nganggo paugerane Ati..Akhire Gampang Nyalahke lan NGGoblokke Sak Podo Podo..Sing Bener Di Salahke ..Sing Wong Salah Di Agungke.. Agomo Podo Di Debatke ning Ora Podo Di Gawe Dasar Landasan Lakone Uripe...Tahlil Dzikir Di Bid'ahke..Maksiat Di Umbar wae...Zina Di Selenggarakke..Korupsi ra Ono Pungkasane wong ngapusi wis ra wedi bilahine...Kabeh Podo nggolek Benere Dewe..Ning Ora Ngerti Dasar Paugerane... Jarene nganggo Dasaran Qur'an Lan Hadis.. Ning Kuwi Ming Tibo ning Lambe....Iki kie Jaman Opo Yo Sedulur... Opo wis Tekan Jaman Akhir...Angel Mbedakke Sing Bener sing Endi...Sing Salah Sing Endi...mulo ayo sedulur Sing Tetep Eling Lan Waspodo... Nek AKu Lali yo DI elingno.....Urip ojo Gawe Ngongso... ..mugo mugo sing moco dowo iki ora podo nelongso lan tak DUngakke suk mben Munggah Suwargo....Sing Komment tak Dungakke Entuk Rejeki Iso Nggu Gawe omah Sing Koyo Losmen....Sing Njempol mugo2 Entuk Permen Sunduk Gedene sak Jempol...
    Maem Lepet Kei Santen.. Menawi Kulo Lepat Kersoho panjenengan Maringi ngapunten....Sumonggo Sugeng Aktifitas...

    BalasHapus
  47. Muhammad dhany11 Agustus 2012 20.32

    bahkan para sahabat Rasulullah SAW berselisih paham tentang tafsir suatu ayat Al-Qur'an dimana tidak diragukan kemahiran ilmu bahasa nahwu, sharaf dan uslub (gaya bahasa) mereka. Dan harus bertanya pada Rasulullah SAW. Jika tidak mengandalkan hasil pemikiran dari para tabi'in dan tabi tabi'in, lantas apa merasa lebih sholih dari Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Safi'i, dan Imam Hambali dengan membuat mazhab sendiri?
    - wallahu a'lam bishshawab

    BalasHapus
  48. aduh...nggak nyaman untuk dibaca, kalian yang punya solusi, mending dijalanin aja dikehidupan masing-masing, nggak usa di post kan di komentar ini. gilaa, dimana mana adanya ejek sana ejek sini, kalian pengen tahu kebenarannyakan, kalau begitu mati aja.

    terus ini juga blognya asal banget nulisnya, inti dari judulnya malah nggak ditulis. kebanyakan copas ya mas.

    ya dah, nikmati sisa umur kalian aja dah. hidup cuman sekali jangan dibikin susah,

    BalasHapus
  49. Kitab al Qur'an yang ada di masjid baik mushaf dan tulisannya juga bid'ah, nabi gak pernah menyuruh untuk membukukan dan menulis seperti itu. dan dalam al qur'anpun juga tidak ada perintah yang demikian itu. Bahkan kalau kitab hadits lebih bid'ah lagi karena nabi bilang laa taktu 'anni illa al qur'an. Trus gimana tentang tulisan ayat2 dan cuplukan hadits2 yang ada dibuletin2..... itu

    BalasHapus
  50. Kitab al Qur'an yang ada di masjid baik mushaf dan tulisannya juga bid'ah, nabi gak pernah menyuruh untuk membukukan dan menulis seperti itu. dan dalam al qur'anpun juga tidak ada perintah yang demikian itu. Bahkan kalau kitab hadits lebih bid'ah lagi karena nabi bilang laa taktubu 'anni illa al qur'an. Trus gimana tentang tulisan ayat2 dan cuplukan hadits2 yang ada dibuletin2..... itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau belum tahu bid`ah dan sunah gak usak komentar aku punya Buku Induk Bid`ah dan sunah kalau belajar boleh ambil materi dari aku mas.

      Model mengambil contoh bid`ah yang salah dipahami juga salah seperti yang mas pahami itu banyak diterangkan dikajian kampung-kampung dan orang awam, karena memang yang menerangkan biar tidak konangan kalau yang menerangkan itu juga ahli bid`ah mas. maka contohnya diambilkan seolah-olah benar. dari mana mas ? bisa sambung di email saya halola 45 yahoo.com

      Hapus
  51. Belajar agama itu sanadnya harus jelas, rowinya dlobit, tsiqoh, 'adalah atau tidak. Kita tahu seseorang tidak akan memulainya dari NOL. Lha kalau semua gak jelas ya omong kosong.

    Ku pernah diundang MTA, mereka menyampaikan kalau do'a yang nyampai ke orang yang telah meninggal itu hanya anaknya saja, termasuk kotoran hewan termasuk kotoran unta itu tidak najis. pada hal dalam bahasa arab itu kata "anak"itu sinonimnya banyak ada (waladun: anak secara umum, tiflun: anak balita, Shobiyun: anak balita, ibnun: anak dari ayah kebawah sampai putu, buyut ..... dan Gulamun: anak sebutan) kesemuanya itu kalau dalam kamus indonesia artinya hanya anak saja, pada hal dalam lima sinonim tadi penggunaannya dalam kamus arab dan asli pengguna bahasa arab artinya berbeda2. dalam hadts nabi kotoran unta itu bhs arabnya riksun, kalau kotoran kuda, sapi , kerbau menggunakan rousun, kalau kotoran manusia menggunakan ghoitun.......pada hal dalam kamus arab spt lisanul arab, al wasit dlll kata riksun itu artinya najis. tapi mereka MTA mengatakan tidak najis. Jadi wajar kalau mereka itu menafsirkan al qur'an dan hadits ngawur..... lha ini baru tinjauan bahasa, kalau dihubungkan dengan ayat yang lain atau hadits lebih ngawur lagi. disana ada ayat Allohumagfir lana wali ikhwanina alladzina sabaquna bil iman.... allohummagfirli waliwalidayya walillmukminina yauma yakumul hisab ..... ada doa Allohummagfirlaha warkhamha..... ada salam asalamu'alaikum ya ahlal kubur minal muslimin wal muslimat.....
    Ku kala itu diundang samapai tiga kali dan ku hadiri semua, setelah ku tanyakan pada mereka tidak ada jawaban dan hanya janji2 mau ditanyakan ke pusatnya. dan ku tawari untuk buka kamus arab-arab seperti lisanul arab, al wasit, dllll bersama2 mereka tidak mau dan kebanyakan memang tidak paham bahsa arab. ya akhirnya ku jadi ragu dan menuju pada yang tidak meragukan.......

    Mereka MTA itu kalau diajak untuk diskusi wajadilhum billati hia akhasan tidak mau, karena memang td punya kapasitas kesana.......

    ini hanya pengalaman saya saja waktu diundang pengajian MTA, tidak perlu dikomentari hanya sebagai pelajaran saja

    BalasHapus
  52. Belajar agama itu sanadnya harus jelas, rowinya dlobit, tsiqoh, 'adalah atau tidak. Kita tahu seseorang tidak akan memulainya dari NOL. Lha kalau semua gak jelas ya omong kosong.

    Ku pernah diundang MTA, mereka menyampaikan kalau do'a yang nyampai ke orang yang telah meninggal itu hanya anaknya saja,dasarnya hadits nabi Saw .....waladun sholikhun..... termasuk kotoran hewan termasuk kotoran unta itu tidak najis. pada hal dalam bahasa arab itu kata "anak"itu sinonimnya banyak ada (waladun: anak secara umum, tiflun: anak balita, Shobiyun: anak balita, ibnun: anak dari ayah kebawah sampai putu, buyut ..... dan Gulamun: anak sebutan) kesemuanya itu kalau dalam kamus indonesia artinya hanya anak saja, pada hal dalam lima sinonim tadi penggunaannya dalam kamus arab dan asli pengguna bahasa arab artinya berbeda2. dalam hadts nabi kotoran unta itu bhs arabnya riksun, kalau kotoran kuda, sapi , kerbau menggunakan rousun, kalau kotoran manusia menggunakan ghoitun.......pada hal dalam kamus arab spt lisanul arab, al wasit dlll kata riksun itu artinya najis. tapi mereka MTA mengatakan tidak najis. Jadi wajar kalau mereka itu menafsirkan al qur'an dan hadits ngawur..... lha ini baru tinjauan bahasa, kalau dihubungkan dengan ayat yang lain atau hadits lebih ngawur lagi. disana ada ayat Allohumagfir lana wali ikhwanina alladzina sabaquna bil iman.... allohummagfirli waliwalidayya walillmukminina yauma yakumul hisab ..... ada doa Allohummagfirlaha warkhamha..... ada salam asalamu'alaikum ya ahlal kubur minal muslimin wal muslimat.....
    Ku kala itu diundang samapai tiga kali dan ku hadiri semua, setelah ku tanyakan pada mereka tidak ada jawaban dan hanya janji2 mau ditanyakan ke pusatnya. dan ku tawari untuk buka kamus arab-arab seperti lisanul arab, al wasit, dllll (ketepan ku punya 29 kamus arab-arab, arab- inggris, arab- indo) bersama2 mereka tidak mau dan kebanyakan memang tidak paham bahsa arab. ya akhirnya ku jadi ragu dan menuju pada yang tidak meragukan.......

    Mereka MTA itu kalau diajak untuk diskusi wajadilhum billati hia akhasan tidak mau, karena memang td punya kapasitas kesana.......

    ini hanya pengalaman saya saja waktu diundang pengajian MTA, tidak perlu dikomentari hanya sebagai pelajaran saja

    BalasHapus
  53. Ilmu adalah cahaya, harus berilmu sebelum bicara, semoga kita semua d ampuni dosa-dosanya dan senantiasa d rahmati Alloh SWT,,,, Innallooha laa yukhliful mi' aad.....

    BalasHapus
  54. Ilmu adalah cahaya, harus berilmu sebelum bicara, semoga kita semua d ampuni dosa-dosanya dan senantiasa d rahmati Alloh SWT,,,, Innallooha laa yukhliful mi' aad.....

    BalasHapus
  55. Ilmu adalah cahaya, harus berilmu sebelum bicara, semoga kita semua d ampuni dosa-dosanya dan senantiasa d rahmati Alloh SWT,,,, Innallooha laa yukhliful mi' aad.....

    BalasHapus
  56. Ilmu adalah cahaya, harus berilmu sebelum bicara, semoga kita semua d ampuni dosa-dosanya dan senantiasa d rahmati Alloh SWT,,,, Innallooha laa yukhliful mi' aad.....

    BalasHapus
  57. Umat yang tidak bingung26 Agustus 2012 03.28

    Hai Saudaraku warga NU di mana saja berada :
    1. Kenapa Warga NU merasa resah, gerah dan gelisah kalau apa yang kalian kerjakan itu benar ? kenapa kok tidak Percaya Diri
    2. Baru datang suara kajian MTA sudah kebingungan ?
    3. Apa yang bingung itu Kyainya takut warganya menjadi cerdas, sehingga ketaklitan yang dibangun bertahun tahun akan hilang ? sehingga menjadi provokator spt Marzuki maaf tidak pakai kyai memang gak pantas bergelar kyai.
    4. Warga NU belajar jangan taklit dan membabi buta, agama islam sumbernya jelas teladannya ( yang dicontoh) jelas.
    5. Dahulu Yahudi dan Nasrani menuhankan rahib rahibnya (pendetanya) Apa ini ya akan terulang pada umat yang mengaku islam, akan menuhankan kyai kayainya.
    6. Dahulu Yahudi dan Nasrani lebih menyenangi membaca kitab karya rahibnya dengan meninggalkan kitab aslinya, apa sekarang ya akan ditiru umat islam hanya membaca karya ulamanya seperti syariatnya kemudian melupakan kitab sucinya.
    7. Cara orang bodoh memahami ibadah jangan syirik kepada Allah dan bersyariat jangan mengambil selain dari Muhammad SAW Rasulullah dah itu artinya bersyahadat.
    8. Maka jangan mengambil syariat hindu, budha, animisme dan dinamisme kalau ini yang diambil renungkan masihkah aku beragama islam ?
    9. Baragama itu yang percaya diri ! kenapa harus nggagas orang lain !
    10. yang saya tahu warga MTA itu Ngaji hasil kaji dianggap benar dah diamalkan dengan percaya diri. apapun tantangannya bahkan sampai diboikaotnpun tidak takut mereka lebih takut kepada Allah, dari pada Manusia.

    SEMOGA WARGA GENERASI MUDA NU MENJADI :
    1. LEBIH CERDAS, TIDAK TAKLIT, TIDAK MENUHANKAN RAHIBNYA.
    2. KYAINYA MENUDING INI SESAT, IKUT SEMUA TANPA ILMU.
    3. SEHINGGA APAPUN PERINTAH RAHIBNYA, OKEEE.. TANPA ILMU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om bs di jelaskan ?
      riwayat pendidikan agama Pak sukino, mondoknya di mana dan ngajinya sama kiayi mana? dan berapa lama?

      Hapus
    2. Anda penasaran? dateng aja tanya sendiri, semoga anda cukup berani,,

      Hapus
  58. Ku salut untuk berpegang pada al Qur'an dan al Hadist apabila punya kapasitas ke sana, apabila tidak punya kapasitas maka harus ittiba' para ulama yang punya kapasitas memahami al Qur'an dan al Hadits. (fasalu ahla dzikri in kuntum lata'lamusn).

    - Mayoritas umat Islam di dunia termasuk warga MTA adalah taqlid baik buta maupun tidak, dan sedikit sekali yang ittiba'.
    Sebetulnya sama, orang2 MTA juga mendewakan Untadnya. saya sdh mengalami ikut pengajian MTA,mereka hanya menerima hanya dari penjelasan ustadznya saja.(saya lebih senang dengan menghormati Ustadz dan Kyainya meskipun orang lain mengatakan mendewakan, karena ku td tahu tentang isi hati orang tersebut)
    - Selama ku pernah ikut pengajian MTA dan mendengarkan siaran dari radio mereka menganggap dirinya paling benar dan yang lainnya salah. Dari mana ia tahu paling benar? jangan2 benar menurut mereka saja. orang setelah Nabi Saw kalau berijtihad salah siapa yang mengingatkan dan yang tahu? beda kalau Nabi Saw salah, Jibril langsung datang untuk membenarkan.
    - Kalau Mereka MTA yang paling benar dan menjamin untuk masuk surga, saya akan ikut.Tapi siapa yang bisa menjamin?
    Tidak semua yang datang dari jahiliyah, hindu, buda, kresten, Yahudi itu jelek, Nyatanya Islam mengambil tentang hukum potong tangan dari Khamurabby (babiloniya) dan dari jahiliyah. Mengapa demikian karena itu islami dan sesuai dengan fitrah manusian. termasuk juga tentang hukum Dlihar, Musaqot dll adalah sdh ada sejak jahiliyah. dari itu semua kita harus mengfilter yang sesuai dengan Islam.
    - Ku lebih senang mengaji lewat tafsir2 para ulama dan sarah2 hadits karya ulama salafussaleh (yang disebut dengan istilah kitab kuning)untuk memahami isi al qur'an dan al hadits dari pada mengkaji lewat terjemahan dan selebaran2 buletin, karena pengertian aslinya dengan terjemahannya sangat jauh berbeda.
    - ku yakin bahwa mereka kebanyakan MTA juga Taklid buta, mana mungkin mereka langsung bisa menafsirkan al qur'an dan memahami hadits kalau tidak ada terjemahan sebelumnya. coba ia paham yang demikian itu rowiyanya siapa dan dari siapa.....Tulisan al Qur'an dibukukan pertama kali seperti huruf bak, tak, Tsak, jim......tanpa titik, koma dan juga harakat sekali....ini namanya taqlid atau ittiba'

    -Belajar yang baik semoga Allah menunjukkan pada dan memberi ilmu sama kita.....



    BalasHapus
    Balasan
    1. aku JIuu sYETetuju massssssss,,,,jAYET JIDA ANTUM

      Hapus
    2. Right, yg diperjuangkan seharusnya islamn, bkny organisasinta.

      Hapus
    3. begitulah.... ketika akal yang berbicara..banyak yang aneh2... karena akal kita terbatas... nek melihat ming dari luar/terjemahan... blaik... elingo siro he sukino... ayat 159 QS. al an'am...

      Hapus
  59. Adakan dialog aja biar umat tidak bingung.Telinga ada 2.Jadi pertemukan aja 2 pihak itu untuk dialog.Katanya sama2 berpedoman Qur'an dan Hadist.Kalo benar kan ga ada masalah buat dialog dngn hati yg jernih.Wong sing pinter ngaji mesti bisa ngajeni..

    BalasHapus
  60. bohonggggggggggggggggggggg keciiiiiiiiiiisssssssssssssssss , mulutttt lhoooooooooo busukkkkkkkkk

    BalasHapus
  61. Ada dua hal yang harus kita pegang agar selamat dunia dan akherat yaitu al qur'an dan as sunnah

    BalasHapus
  62. Om bs di jelaskan ?
    riwayat pendidikan agama Pak sukino, mondoknya di mana dan ngajinya sama kiayi mana? dan berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Sukino cuma kursus ngaji / privat ngundang tukang guru ngaji maka untuk kwalitas dakwahnya amburadul, kasihan umatnya....................

      Hapus
  63. ada dua hal yang harus kita pegang agar selamat dunia akherat,, yaitu Al-Qur'an dan Hadits..

    lha ente sekalian bljr al-Qur'an Hadits pda siapa???,,
    guru kalian kan,, lah guru kalian itu siapa??,, sejauh mana kpsitas keilmuan guru kalian untu mmahami QurDis,apa guru kalian cuma memahami QurDis hanya lewat terjemahan saja,, ko' brani2nya ngomong ngalor ngidul,, membid'ahkan, mngkufurkan orang,,. jahiliyah banget sih...

    BalasHapus
  64. DUNIA tanpa MTA ora RAME...., jaman akhir hal seperti ini tidak ada habisnya.... nantinya akan muncul lagi Selain MTA mungkin MTS atau MAN :D

    BalasHapus
  65. Hey Theгe. Ι founԁ your weblog
    thе usе of msn. Thіs is а very neatly
    written article. I'll make sure to bookmark it and return to read extra of your helpful information. Thanks for the post. I will definitely comeback. just click the up coming website

    BalasHapus
  66. Beсause the admin of this site is working, no doubt veгу quickly it will be ωell-κnoωn, duе to its feature contents.
    clubwww1entertainment.com

    BalasHapus
  67. Way coоl! Some eхtгemely valid pοints!
    І appreciatе you penning this article and the
    rеst of the website iѕ аlѕo really gooԁ.
    visit this website
    my website: visit this website

    BalasHapus
  68. SYEKH A.SUKINO ulama pa ulama"an kok disuruh baca kitab gundulan gk bisa..

    BalasHapus
  69. sudah sudah jangan ribut terus...mari bersatu disini http://www.cdpklaten.blogspot.com.....masih banyak sodara sodara kita yang butuh pertolongan.

    BalasHapus
  70. Jangan2 nih biografi yang buat sukino sendiri

    BalasHapus
  71. An intereѕting diѕcussiοn iѕ worth
    comment. Ι dο believe that you should publish more
    on this subject, it might nοt be a tabοo subject but typically folks ԁon't talk about such topics. To the next! Cheers!! visit the up coming article

    BalasHapus
  72. Remaгkаble! Its tгuly amazing
    artiсle, ӏ have got much clear iԁеa concеrning from thіs paragraph.
    please click the next website

    BalasHapus
  73. Wonderful ρost howеѵeг I wаѕ wοndering іf you сould ωrіte a littе
    morе on this subject? I'd be very grateful if you could elaborate a little bit further. Cheers! mouse click the up Coming article

    BalasHapus
  74. setelah aku mengamati umat islam ternyata terpecah belah...itu menandakan isam bukan agama yg baik...yg benar itu jesus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umat Yahudi terpecah menjadi 71 kelompok,Nashrani 72,Islam 73,dari semuanya yang selamat Hanya satu,yaitu satu golongan dari umat Islam dari 73 golongan yang ada.Nashrani sama sama menyembah Nabi 'Isa 'alaihis salam,padahal Yudas yang disalib,lantas bagaimana kok ada katolik ada kristen???Alhamdulillah teman saya yang katolik beserta Ayah Ibunya masuk Islam,

      Hapus
  75. klo yg mta menghalalkan anjing itu gmn,,,?
    apa udah keterlaluan namanya,,,

    BalasHapus
  76. sy pelaku tahlian dan yasinan tapi tdk tersinggung dng kajian mta skn, sy justru bersyukur banyak pengikut pengajian yg dulunya preman dukun lalu inysaf, ada yg dulun mentolak istri atau nikah hamil dulu lalu nikah lagi dll kebain dan manfaat dari kajian mta, karna jika banyak orang memperbaiki diri maka negeri ini akan baik pula amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan anda, apa yang bisa dijalankan bersama-sama mari kita jalankan sama-sama apa yang tidak bisa dijalankan bersama-sama mari kita saling menghormati sebagai sesama muslim yang persaudaraannya seperti satu tubuh,,

      Hapus
  77. menjelang ramadhan uamat islam lbh baik saling memaafkan drpd menghujad dan memfitnah, Qur-dan hadis dijelaskan untuk memperbaaki diri, drpd mengoreksi orang lain lbh baik korreksi dri, sy mendengar kajian mta banyak mnemukan maslah yg membuat sy bersaha koreksi diri setelah banyak koreksi hati jadi tenang. masalah yang di bahas bnyk kesamaan bagi pendengar sehingga banyak solusi yg telah dihasilkan dari kajian mta kalau cuma soal tahlian dan yasinan Rosul dan sahabat tak lakukan juga tak masalah, tapi kalau banyak masalah yg tak bisa disolusikan resikonya makin bnyk kesesatan

    BalasHapus
  78. ngaji, sekolah, sinau sik bro, nek gak ngerti agomo ojo ngomong agomo, nek gak ahli ojo sok ahli, kacau donya akhirate...

    BalasHapus
  79. Ngaji cukup dengan Asukino saja ga perlu yang lain. Apalagi kyai, itu ga ada gunanya. pokoknya Asukino. Puas MTA?

    BalasHapus
  80. ayo ngaji safinah wae,iso faham gek ngamalke wes apek banget nggo aku, nek ngaji tafsir marai mumet, otakku rung tekan, urip enek ndeso iso mimpin tahlil wes dianggep wong pinter, hehehe

    BalasHapus
  81. Ass..
    kalo mau mau dengerin radio MTA disini ya: http://www.mta.or.id/
    kalo mau liat Pengajian Ahad Pagi Live disini: http://mtatv.net/
    bisa diliat / didenger di Seluruh Dunia via Internet !!!
    utk Radio dari jam 05.00 - 24.00 Live setiap hari!
    Tiap hari 3X siaran relay Pengajian Ahad Pagi:
    -jam 06.00 - 07.00
    -jam 14.00 - 15.00
    -jam 20.00 - selesai
    matur nuwun
    wass...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

      Hapus
  82. sebaiknya propil ketua mta dipublikasikan biar semua tau sukino itu asal usulnya dr mana

    BalasHapus
  83. Ass..
    kalo mau dengerin radio MTA disini ya: http://www.mta.or.id/
    Brosur Ahad Pagi juga bisa di download disini juga.

    Kalo mau liat Pengajian Ahad Pagi Live disini: http://mtatv.net/
    Siaran TV streaming Live, bisa ngeliat langsung pengajiannya
    bisa diliat / didenger di Seluruh Dunia via Internet !!!

    Siaran Radio MTAFM dari jam 05.00 - 24.00 Live setiap hari!
    Tiap hari 3X siaran relay Pengajian Ahad Pagi:
    -jam 06.00 - 07.00
    -jam 14.00 - 15.00
    -jam 20.00 - selesai

    siaran MTA TV sudah bisa dinikmati, dengan cara berlangganan
    (bekerjasama dengan Telkom)

    matur nuwun
    wass...

    BalasHapus
  84. yg buat blog goblog.....

    BalasHapus
  85. diadakan dialog terbuka aja di TV ONE, biar masyarakat menilai dan memilih jalan hidup masing-masing.... yang jelas kita sama-sama menunggu mana yang benar....0k

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti jawabannya sukino "AGAMA TIDAK UNTUK DIPERDEBATKAN" dan 10000000000000000000000000000000% tidak berani, baca Al-qur'an tidak fasih, menulis huruf arab tidak bisa dan baca gundulan kitab buchori muslim yang setiap ahad pagi dipakai pegangan juga tidak bisa, kalau begitu bgmn saudara

      Hapus
    2. yo ora pantes dadi mursyid kui... njut leh nafsirke dasare opo?

      Hapus
  86. Ass..
    kalo mau dengerin radio MTA disini ya: http://www.mta.or.id/
    Brosur Ahad Pagi juga bisa di download disini juga.

    Kalo mau liat Pengajian Ahad Pagi Live disini: http://mtatv.net/
    Siaran TV streaming Live, bisa ngeliat langsung pengajiannya
    bisa diliat / didenger di Seluruh Dunia via Internet !!!

    Siaran Radio MTAFM dari jam 05.00 - 24.00 Live setiap hari!
    Tiap hari 3X siaran relay Pengajian Ahad Pagi:
    -jam 06.00 - 07.00
    -jam 14.00 - 15.00
    -jam 20.00 - selesai

    siaran MTA TV sudah bisa dinikmati, dengan cara berlangganan
    (bekerjasama dengan Telkom)

    matur nuwun
    wass...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengarkan Radio ini saja
      Radio MTA di kendal mengudara 24 jam tidak berijin

      http://stream.radiodakwahmustofa.com:8724/
      http://askafm.com/
      http://radio.nu.or.id/
      http://www.aswajafm.com/

      Hapus
    2. Seandainya radio dan tv Mta bisa menyiarkan kajian tafsir secara urut dari juz 1 ayat satu sampai juz 30 surah Annas dgn urut dan sesuai dgn asbaun nuzulnya maka itu lebih baik daripada selebaran dan pembahasannya loncat sana loncat sini. Tapi pertamyaannya pak A.Sukino bisa apa tidak ya? Lrn setiap kajian dianya tdl pernah baca ayat sendiri tatapi ada orang yg membacakan. Eh... tajwid tpat apa tidak ya? Jadi ragu gua.

      Hapus
    3. yang boleh berfatwa itu harus hapal qur'an, hapal ribuan hadits, paham tafsir dan itjima' ulama.... lha kiro2..... si sukino ki memenuhi syarat ora... nek ora... berarti yo ora pantes dadi mursyid...

      Hapus
  87. Sukino tidak pernah belajar kemana2, dia mendapatkan Ilmu Laduni.
    Itu yang saya dengar dr para muridnya.
    Pls cross check

    BalasHapus
  88. Saya juga pernah dengar, bahwa Sukino pernah belajar langsung dr para wali2 yang telah meninggal, jadi dia nggak punya title & ijazah.

    BalasHapus
  89. Jika masing2 kelompok belum sepakat memahmi bid’ah, mk akan terjadi benturan

    BalasHapus
  90. Jamaah yg melakukan tahlilan berdasarkan quran dan hadis yg sdh ditafsirkan oleh para ulama, jika ini dianggap bid’ah sesat mk wajarlah jamaah tdk terima, apalgi mengatakan dasarnya hindu budha dsb itu suatu pelecehan thd para ulama (yg mengerti quran dan hadist). Klo ditanya siapa yg memulai menjelekan kelompok lain tentu klompok yg membid’ahkan/menyesatkan

    BalasHapus
  91. Jamaah yg mlakukan tahlilan dasarnya kesimpulan para ulama yg terdpt dlm qur’an dan hadist, jika ini dianggap bid’ah/sesat mk wajar para jamaah tdk trima krn ini suatu pelecehan thd ulama yg mengerti alqur’an dan hadist. Jk ditanya siapa yg memulai menjelek-jelekan, tentu yg mengatakan tahlilan bid’ah (sesat). Menurut kami tdk semua bid’ah itu sesat, bid’ah bukan suatu hukum, bid’ah harus ditinjau dri kacamata hukum wajib, sunah, makruh, mubah dan haram. Klo semua bid’ah sesat anda yg mengatakan bid’ah jg bid’ah krn nabi tdk mengatakan tahlilan bid’ah (sesat) dan byk lagi yg contohnya.

    BalasHapus
  92. Klo kumpul ngadain Yasinan,tahlilan dll. Haram ya jeng???tp klo kumpul didiskotik sih haram apa engga yahhhhh???ko kyaknya mlah ga pernah dipermasalahin.....hadeeeewwww....hamsyong dah....

    BalasHapus
  93. Klo kumpul ngadain Yasinan,tahlilan dll. Haram ya jeng???tp klo kumpul didiskotik sih haram apa engga yahhhhh???ko kyaknya mlah ga pernah dipermasalahin.....hadeeeewwww....hamsyong dah....

    BalasHapus
  94. kehadiran MTA membuat suasana kampung ku nggak kondusif, anak arep ndongake wong tuwone sing wis meninggal dilarang, moco sejarah nabi sing tercantum neng kitab-kitab maulid yo dilarang. MTA ora gelem nyolatke wong islam sing meninggal, alasan ne " mayit iki ora islam mergo naliko urip ora tau sholat" heee....heee, dasar wong pekok & gemblung..... tapi saiki paham MTA wis tak usir soko kampungku daripada nggawe masyarakat ora tentrem..... nek MTA teko meneh neng kampung ku heee.... yo bakalan tak sikat & tak obrak-abrik meneh....

    BalasHapus
  95. apapun kondisinya, jika yang disampaikan adalah suatu kebenaran yg dilandasi AlQuran dan Sunnah, mari dicermati dulu sebelum mencaci secara membabi buta. Mari introspeksi diri sendiri dalam mengamalkan Islam apakah sudah kafah atau belum.

    BalasHapus
  96. Alquran dan hadits sampai ke kita adalah karena ada ulama yg betul faham tentang itu dan ajarannya bisa runut persis seperti sabda rosul. Klo ada MTA tiba tiba menafsirkan dgn akalnya semdiri sebaiknya jangan di ikuti. Ulama terdahulu lebih paham dan lebih dekat runutan dgn Rosul.

    BalasHapus
  97. dari sekian bnyak komentar banyak sekali yang menanyakan siapa sih ustad sukino itu?? dari mana asal usulnya ??apa pndidikanya?? dan dia dulu belajar tentang islam dimana?? kok g ada jwaban sama skali..apa kalian sebagai pngikut ustad sukino emang tdk tau... asl usulnya??
    .

    BalasHapus
  98. membaca komentar dari atas sampai kebawah ternyata semua orang orang pinter tentang agama islam aku yang nyata nyata orang baru di islam malah bingung dengan keadaan ini memang ada berapa to kitap suci orang islam itu???? kalau hanya satu kenapa saling olok saling caci maki aku sering kali mengikuti di beberapa pengajian di asuh tentunya orang yg mempunyai pendidikan di bidangnya tapi ternyata lebih gampang memahami apa yg diajarkan oleh MTA karena semua bersumber dari quran dan hadist nabi jadi menurut saya pribadi yg nyata nyata tidak pernah tau tentang islam sejak kecil belajar agama melalui kitap suci lebih afdol dari pada mendengarkan cerita dari para ulama itu yg sering dilakukan di waktu pengajian

    BalasHapus
  99. Memang serba mudah ikut MTA. Contoh: Hukum Tayamum, halal-haram makanan, model dan cara pengajian, pokoknya semuanya sebagai altenatif bagi orang yang ingin mudah dan suka berimprovisasi. Sampai-sampai tentang keberadaan jin sebagai makhluk gaib juga disangkal. Disangkanya leluhur itu menghalalkan dan mengharamkan sesuatu tanpa dasar. Contoh, kenapa Tokek dan Cicak dharamkan, adalah karena ada perintah Nabi untuk membunuhnya. Dan bangkai yang tidak najis itu hanya 2 yaitu ikan dan belalang. Mungkin memang sulit bagi Sukino yang cenderung menggunakan akal saja. Mungkin Alumni IAIN jurusan Filsafat (Filosof) kali. Kalau targetnya untuk menghabisi NU insya allah sulit. Karena NU merupakan ormas yang menegaskan diri bermadzab Syafi'i yang secara metodologis lebih sempurna dibandingkan Sukino (MTA), Imam Syafi'i seorang yang memiliki kapasitas yang memadai sekaligus alim, wara' dan Zuhud, seorang Hafisz Alqur'qn dan Hadits, sebagaimana Imam Hanafi,Maliki dan Hambali. sedangkan MTA tidak bermadzab. Kita amati saja perkembangannya, apakah kelak akan berdiri sebagai Madzab baru atau tidak, mengingat banyak sekali memiliki pengikut dengan cara bertaqlid buta. Apakah kelak fahamnya akan dapat mendominasi atau tidak. Kalau tidak, berarti tak layak diperhitungkan.

    BalasHapus
  100. Maaf Mas ikut urun, islam kan agama rohman lil 'alamin. ya sebaiknya disampaikan secara fleksibel. 2). kita tidak tahu kebenaran yang haqiqi dan yang tahu hanya Allah. sebaiknya jangan memfonis pada yang lain. mari kita berkompetisi menuju kebaikan, masalah hasil serahkan aja pada yang punya kebenaran Haqiqi. Umat islam harus bersatu. memecah belah pasti haram hukumnya.

    BalasHapus
  101. lihat al an'am ayat 159...

    BalasHapus
  102. siapapun yang ngomong kalo itu kebenaran dan sesuai di AlQur'an itu saya setuju,,,yang saya ikuti ajaran kebenaran dari Allah SWT.dan selalu mencoba melaksanakanya.sedikit demi sdikit,,diam dan lakukan kebenaran yang sudah anda yakini. TAWON YANG MASIH BUNYI TANDANYA BELUM DAPAT MADU. saya ikut AGAMA ALLAH ,,bukan ikut NU,MUHAMMADIYAH,MTA dll. sing tak pangan KACANGE dudu KULITE

    BalasHapus
  103. lucunya yg diatas.. Klo aq pernah debgar sndiri. Sukino nafsirin qur'an seenaknya aja.. Klo ilmunya kredible pasti berani dialog.. Nyatanya?? Nol besar

    BalasHapus
  104. kalau agama Allah sudah ditegakkan, engkau akan melihat betapa cahayanya tidak bisa dibendung, menyebar dan menyentuh hati orang-orang berakal. Allah menjadikannya seperti itu, dan hati orang-orang yang kafir akan bersudah hati melihatnya.

    BalasHapus

Apa Solusi Anda ?